BREAKING

Saturday, February 20, 2021

Dakwah 4 Pilar Kebangsaan

Pj. Ketua Umum LDII :

Empat Pilar Kebangsaan Harus Terus Didakwahkan

LDII-BANYUMAS/PURWOKERTO—Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus terus didakwahkan. Demikian ditegaskan oleh Pj. Ketua Umum DPP LDII, Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc. saat membuka acara Webinar Kebangsaan dengan tema : “Peran Ormas Islam dalam Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan di Masa Pandemi,” yang diselenggarakan oleh DPP LDII secara daring melalui aplikasi zoom cloud, Sabtu (20/2).

Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc., Pj. Ketua Umum DPP LDII

Dalam sambutannya Chriswanto mengatakan, meskipun telah 75 tahun Indonesia merdeka ternyata masalah-masalah kebangsaan masih tetap ada. Penyebabnya karena Indonesia adalah negara yang dibentuk dari perbedaan-perbedaan, sehingga kondisinya sangat heterogen. Contoh masalah yang masih terjadi sampai saat ini antara lain radikalisme dan penyalahgunaan narkoba.

Chriswanto berpendapat, penyelesaian permasalahan-permasalahan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab negara, tetapi juga membutuhkan dukungan dari elemen-elemen bangsa yang lain, termasuk organisasi masyarakat. “LDII sebagai ormas Islam yang banyak berinteraksi dengan masyarakat tentunya punya tanggungjawab untuk ikut menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa,” ungkapnya.

Menurutnya Chriswanto, seiring dengan komitmen LDII bahwa NKRI adalah harga mati, maka LDII harus turut berperan dalam penyelesaian masalah-masalah kebangsaan di Indonesia, untuk membantu semua stakeholder mewujudkan hidup berdampingan dalam kedamaian. Hal ini penting, karena bagi sebuah lembaga dakwah, kondusivitas bangsa akan sangat mendukung kelancaran ibadah dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan organisasi.

Acara webinar yang diikuti oleh ribuan peserta di lebih kurang 500 titik studio mini DPD LDII kabupaten/kota di 34 DPW LDII Provinsi di seluruh Indonesia ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Dr. Sri Hayati, S.Sos., M.Si. dari Kementerian Dalam Negeri RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamarudin Amin, MA. Dirjen Binmas Islam Kementerian Agama RI, dan HM. Affan Rangkuti Ketua Umum Ormas Patriot Bangsa.

Berdasarkan keterangan dari panitia pelaksana, webinar kebangsaan ini merupakan rangkaian kegiatan Pra Musyawarah Nasional (Munas) IX DPP LDII yang akan diselenggarakan pada tanggal 7-8 April 2021. Tujuan utamanya untuk menambah wawasan dan memperkaya ide sebagai bahan dalam Munas IX LDII, sehingga hasil munas nantinya menjadi kontribusi nyata bagi Bangsa dan Negara. (sbr)

 

Sarlan—Sekretaris DPD LDII Kabupaten Banyumas

Jika Anda menyukai Artikel atau Berita di website LDII Banyumas, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel atau berita terbaru yang terbit di Website DPD LDII Banyumas

Post a Comment

 
Copyright IT Staff © 2013 | Jalan Mentri Soepeno No 7 Sokaraja Banyumas 53181 | Telp : (0281) 694191 | Design by LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA KABUPATEN BANYUMAS
Design by ITStaff | RazTech