BREAKING

Tuesday, March 8, 2016

Tokoh dari Berbagai Agama Ajak Masyarakat Banyumas Cinta NKRI Bag. II

   LDII-BANYUMAS/PURWOKERTO―Lima pemuka agama dan tokoh ormas agama di Kabupaten Banyumas yang mewakili berbagai agama yaitu Islam, Kristen dan Katholik menyampaikan materi dan mengajak masyarakat di Kabupaten Banyumas untuk meningkatkan rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia.

Para pemateri secara bergantian berceramah dalam acara Seminar Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Yayasan Jama’atul Muslimin Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas, Minggu (20/2) di Gedung Wakafiyah NU Jl Kertadirjan No 13 Karangbangkang Sokaraja Kulon Banyumas. Tema yang diusung “Menjadi Bangsa Indonesia yang Beragama.”

Acara yang diikuti puluhan santri, jemaat, pemuka agama dan kader ormas agama di Banyumas ini dibuka oleh Gus HM Febrina Delta Aghi (Gus Febrin), pengasuh Ponpes Az-Zuhri Ketileng Semarang yang juga salah satu putra Kyai terkemuka Jateng dan tokoh lintas agama berpengaruh, (alm) KH Syaiful Anwar Zuhri Rosyid (Abah Ipung), KH Alimuddin Lc, Pendeta Abed Nego Wasdi dari Badan Kerjasama Antar Gereja (BKSAG), Romo Budi Prayitno dari Gereja Katedral Keuskupan Purwokerto, dan Ketua DPD LDII Kabupaten Banyumas, H Sutanto MBA.

Gus Febrin dalam mukadimahnya menyebut, akhir-akhir ini banyak muncul masalah-masalah kebangsaan dan keagamaan di Indonesia. “ini siapa yang salah? Kyai atau umatnya? Pendeta atau jemaatnya? Bukankan Indonesia negara yang beragama?” katanya melontarkan pertanyaan menggelitik. Dia juga menyoroti minimnya muatan materi kebangsaan dan agama dalam kurikulum pendidikan umum.

Pemateri pertama, KH Alimuddin Lc, mengajak kepada peserta seminar untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Alimuddin juga mengingatkan, kepada peserta seminar, khususnya umat Islam, saat ini banyak pemahaman yang keliru di kalangan umat Islam dalam memaknai ke-Islamannya, “Kita adalah orang Indonesia yang beragama Islam, bukan orang Islam yang berada di Indonesia” ujarnya. Ini menurutnya penting, agar umat Islam tetap cinta dengan NKRI, dan tidak terjerumus paham atau gerakan Islam radikal yang justru merusak keutuhan NKRI.

Pendeta Abed yang mendapat giliran menyampaikan materi kedua mengingatkan, Indonesia adalah bangsa yang beragama. Dia menerangkan, beragama itu baik, tapi tidak cukup hanya label/wadah (casing) saja. “Buat apa kita memuji-muji kepercayaan sendiri, tapi kita tidak hidup di dalamny?” katanya mengajak hadirin merenung. Pendeta Abed berpendapat, seharusnya umat beragama itu menjadi orang yang bisa dicontoh atau diteladani. “Jangan Jarkoni-bisa mengajar tapi tidak bisa nglakoni (melaksanakan)” sindirnya.

Senada dengan Pendeta Abed, Romo Budi Prayitno dalam ceramahnya menyebut istilah “Gajah Diblangkoni, iso khotbah ora iso nglakoni (bisa khotbah tidak bisa melaksanakan ajarannya). Romo yang punya banyak pengalaman perjalanan spiritual ke luar negeri itu bercerita tentang Piagam Madinah, sebuah kesepakatan yang ditulis oleh Khalifah ke-empat, Ali Bin Abi Thalib RA dan ditandatangani oleh Nabi Muhammad  SAW, yang memuat pernyataan yang menjamin kebebasan kepada semua orang untuk menjalankan agama/kepercayaannya di negeri Islam.

Romo Budi mengajak hadirin untuk mencontoh keteladanan Rosululloh dalam hal menghormati agama/kepercayaan lain tersebut. “Marilah moment yang baik ini kita jadikan oase di tengah-tengah padang pasir, yang akan memberikan kesegaran bagi orang-orang yang kehausan dan kekeringan” ajaknya. “Kita punya kerinduan yang sama, yaitu kesatuan bangsa. Mari pertahankan, jangan sampe oase ini kering dan tidak ada airnya lagi” imbuhnya.

Dalam ceramah penutup, Ketua DPD LDII Kabupaten Banyumas, H Sutanto MBA yang juga Ketua Ponpes Baitul Machmud Pekaja Kalibagor Banyumas dan aktivis FKUB Banyumas mengingatkan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan, serta kerukunan antar umat beragama. “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh” pekiknya bersemangat mengakhiri halaqoh sore itu.(sbr)
Jika Anda menyukai Artikel atau Berita di website LDII Banyumas, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel atau berita terbaru yang terbit di Website DPD LDII Banyumas

Post a Comment

 
Copyright IT Staff © 2013 | Jalan Mentri Soepeno No 7 Sokaraja Banyumas 53181 | Telp : (0281) 694191 | Design by DPD LDII KABUPATEN BANYUMAS
Design by ITStaff | RazTech