BREAKING

Thursday, March 17, 2016

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa LDII Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas


LDII-BANYUMAS/PURWOKERTO―Sekitar 150 pelajar dan remaja utusan dari Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) LDII di wilayah Purwokerto mengikuti kegiatan Workshop Pelajar dan Remaja Purwokerto, Rabu (9/3) mulai 08.30 s/d 15.00 WIB. Workshop digelar di Aula Pondok Pesantren Baitul Machmud Pekaja, Kalibagor-Banyumas.  

Para pelajar dan mahasiswa yang rata-rata berusia 19 tahun kebawah tersebut dengan antusias mengikuti sesi demi sesi workshop yang diselenggarakan oleh Remaja Sholih Sholihah Purwokerto Satria (RESPATI), sebuah wadah kegiatan remaja yang dikelola oleh Bagian Pemuda Kepanduan Olahraga dan Seni Budaya DPD LDII Kabupaten Banyumas.

Kegiatan dibuka oleh Mujimin SPd selaku pengurus DPD LDII Kabupaten Banyumas mewakili Ketua DPD, H Sutanto MBA. Materi pertama berjudul “Berpengaruh atau Terpengaruh” disampaikan oleh Riyatno SS MHum, yang kedua “Belajar Efektif” oleh Indra Hidayatulloh Skom MT, keduanya dosen di Sekolah Tinggi Teknik Telekomunikasi (ST3) Telkom Purwokerto.

Riyatno dalam paparannya berpesan, pelajar dan mahasiswa tidak boleh terpengaruh dengan budaya-budaya luar yang tidak sesuai dengan norma agama, norma sosial dan norma hukum. Sebaliknya mereka harus punya pengaruh positif yang kuat terhadap lingkungan sekitarnya. “Jatidiri pelajar dan mahasiswa Indonesia jangan sampai tergerus dengan pengaruh kerusakan zaman dan era modern dan global saat ini” katanya.

Sementara Indra memberikan tips dan trik praktis cara belajar yang efektif dan efisien. Dia menyebut beberapa tips diantaranya mencatat pelajaran menggunakan teknik mind-mapping, membuat analogi untuk rumus atau materi pelajaran yang sulit, serta mengimajinasikan apa yang telah dipelajari dan mengajarkannya kepada teman atau orang lain. Indra juga berpesan agar para peserta tidak mudah merasa cukup dengan apa yang telah dikuasai.

Ketua panitia kegiatan, Zulfa Aditya Putra menjelaskan, kegiatan dimaksudkan untuk membekali para pelajar dan mahasiswa LDII di Purwokerto dengan berbagai wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga diri dan agama dari pengaruh-pengaruh negatif pergaulan dan teknologi saat ini. Workshop juga diharapkan menjadi wahana belajar agar mereka siap menghadapi ujian di sekolah/kampus.

Lebih lanjut Zulfa mengatakan, workshop kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan peningkatan kapasitas pelajar dan remaja LDII se-Kabupaten Banyumas yang diselenggarakan oleh RESPATI. Pada waktu yang sama juga dilaksanakan kegiatan sejenis, bertema peningkatan kemandirian dan kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan untuk remaja usia 20 tahun keatas tersebut bertempat di Aula Ponpes Pelajar dan Mahasiswa “Al-Kautsar” Sumampir-Purwokerto.

Selain penyampaian materi pokok, kegiatan workshop dilanjutkan dengan acara keakraban, berupa permainan-permainan kelompok yang mendidik dan menghibur. Tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan antar peserta.(sbr)


Jika Anda menyukai Artikel atau Berita di website LDII Banyumas, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel atau berita terbaru yang terbit di Website DPD LDII Banyumas

Post a Comment

 
Copyright IT Staff © 2013 | Jalan Mentri Soepeno No 7 Sokaraja Banyumas 53181 | Telp : (0281) 694191 | Design by DPD LDII KABUPATEN BANYUMAS
Design by ITStaff | RazTech