BREAKING

Tuesday, March 29, 2016

Puluhan Mahasiswa dan Remaja LDII Ramai-Ramai Bikin Siomay


n Workshop Kemandirian dan Kewirausahaan

LDII-BANYUMAS/PURWOKERTO―Puluhan remaja putra dan putri terlihat sibuk. Sebagian ada yang sedang menyiapkan kompor dan penggorengan, mencampur tepung dan bahan lain menjadi adonan, menggoreng kacang tanah dan lain-lain. Sebagian lagi tampak serius mendengarkan instruksi melalui pengeras suara, kemudian sesekali mengarahkan anggota kelompoknya agar tidak salah urutan dalam memasak.

Demikian gambaran suasana saat tidak kurang dari 90 orang mahasiswa dan kader remaja LDII Purwokerto yang rata-rata berusia 20-an tahun tersebut mengikuti kegiatan Workshop Kemandirian dan Kewirausahaan di Masjid dan lingkungan sekitar kompleks Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Al-Kautsar Kelurahan Sumampir Purwokerto, Rabu (9/3). Agenda praktek kemandiriannya adalah membuat siomay.

Workshop yang diselenggarakan oleh Remaja Sholih Sholihah Purwokerto Satria (RESPATI), sebuah perhimpunan remaja dibawah naungan Bagian Pemuda Kepanduan Olahraga dan Seni Budaya, DPD LDII Kabupaten Banyumas tersebut bertujuan meningkatkan jiwa kemandirian dan semangat kewirausahaan serta life skill (keterampilan hidup) praktis para remaja LDII. Demikian diungkapkan Ragil Bani Iman SS, Ketua Panitia kegiatan yang juga pengurus DPD LDII Kabupaten Banyumas.

“Meskipun komunitas remaja berbasis masjid dan kegiatan agama, kegiatan kami tidak hanya ibadah dan ngaji” tutur Ragil. “Kami juga mengadakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kreativitas, agar nantinya remaja LDII menjadi orang-orang yang mandiri, dapat bekerja atau menciptakan lapangan kerja, dan hidup tidak menjadi beban orang lain” terangnya. “Ini sesuai dengan program LDII dalam pembinaan remaja, yaitu meraih Tri Sukses : Faham Agama, Berakhlakul Karimah dan Mandiri” imbuhnya.

Alasan dipilihnya siomay untuk praktek memasak, kata Ragil, karena makanan ini tergolong cukup murah dan mudah dalam membuatnya, namun cukup diminati oleh masyarakat. Sebelumnya, panitia telah “berguru” cara membuat siomay kepada salah satu pembuat dan penjual siomay yang sudah cukup berpengalaman, Bu Sipur asal Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor, kemudian ilmu siomay tersebut ditularkan kepada para peserta workshop.

Rangkaian kegiatan workshop diawali dengan pembukaan oleh Drs H Herry Nuryanto Widodo selaku pengurus PPM Al-Kautsar, dilanjutkan penyampaian materi kemandirian dan kewirausahaan oleh Drs H Rochman Abidin. Sebelum praktek memasak siomay juga diadakan permaian-permainan kelompok untuk meningkatkan keakraban dan mempererat tali silaturrahim antar peserta workshop.(sbr)



Jika Anda menyukai Artikel atau Berita di website LDII Banyumas, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel atau berita terbaru yang terbit di Website DPD LDII Banyumas

Post a Comment

 
Copyright IT Staff © 2013 | Jalan Mentri Soepeno No 7 Sokaraja Banyumas 53181 | Telp : (0281) 694191 | Design by DPD LDII KABUPATEN BANYUMAS
Design by ITStaff | RazTech