BREAKING

Monday, February 22, 2016

Ormas Islam di Banyumas Dilatih IT


LDII BANYUMASBertempat di Rumah Makan Kemangi, Purwokerto, Sabtu, 17 Mei 2014 berlangsung Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Manfaat Teknologi Informasi bagi Organisasi Keagamaan dan Pelatihan Penggunaan Jejaring Sosial”. FGD diikuti oleh perwakilan ormas Islam di Banyumas, diantaranya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Dewan Dakwah Indonesia (DDI), Jama’ah Tabligh, NU dan Muhammadiyah. Dari LDII hadir Wakil Ketua, Achmad Sumanto dan Sekretaris, Sarlan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam lebih tersebut diselenggarakan oleh peneliti yang juga akademisi di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Drs Abdul Rohman MAg, dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNSOED, Dr Ali Rokhman MSi yang sekaligus menjadi narasumber Pelatihan Penggunaan Jejaring Sosial.

Dalam pengantarnya, Drs Abdul Rohman menyampaikan, FGD tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan sejenis yang telah dilaksanakan beberapa kali di Unsoed, sebagai bagian kegiatan penelitiannya sebagai akademisi yang mendalami bidang kajian Agama Islam. Tujuan penelitian yang dilakukannya untuk mengupayakan silaturrahim dan komunikasi yang harmonis antar ormas-ormas Islam di Kabupaten Banyumas, untuk menghindari perpecahan dan fanatisme Islam dalam arti sempit.

“Saya terinspirasi dan takut dengan peringatan Allah dalam Al-Qur’an,” kata Abdul Rohman, seraya mengutip beberapa ayat dalam Al-Qur’an, yaitu Surat Ar-Ruum ayat 31 dan 32 (“dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka”).

Acara diawali dengan paparan materi tentang perkembangan dunia internet di Indonesia dan dunia, oleh Dekan FISIP UNSOED, Dr Ali Rokhman MSi, dilanjutkan dengan diskusi antar ormas. Salah satu hasil diskusi, disepakati pembentukan forum komunikasi antar Ormas Islam melalui media Facebook, dengan grup bernama Formasi Banyumas (Forum Ormas Islam Banyumas). (sbr)
Jika Anda menyukai Artikel atau Berita di website LDII Banyumas, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel atau berita terbaru yang terbit di Website DPD LDII Banyumas

Post a Comment

 
Copyright IT Staff © 2013 | Jalan Mentri Soepeno No 7 Sokaraja Banyumas 53181 | Telp : (0281) 694191 | Design by DPD LDII KABUPATEN BANYUMAS
Design by ITStaff | RazTech