BREAKING

Wednesday, February 24, 2016

Lagu Kebangsaan Menggema di Gedung Wakafiyah NU


§  Halaqoh/Seminar Lintas Agama Kabupaten Banyumas

LDII-BANYUMAS/PURWOKERTO―”Indonesia Raya, Merdeka, Merdeka, Tanahku, Negriku yang Kucinta ... Indonesia Raya, Merdeka, Merdeka, Hiduplah Indonesia Raya ...”

Demikian penggalan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang menggema, Minggu (20/2) di Gedung Wakafiyah NU Jl Kertadirjan No 13 Karangbangkang Sokaraja Kulon Banyumas, dalam acara Halaqoh/Seminar Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Yayasan Jama’atul Muslimin Kabupaten Banyumas. Gema Lagu Kebangsaan mengakhiri penyampaian materi ceramah yang disampaikan oleh salah satu pemateri, KH Alimuddin Lc.

Semua peserta seminar yang terdiri dari para tokoh agama, serta pengurus dan anggota organisasi keagamaan yang mewakili elemen agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghucu dan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh hikmat. Terlihat masing-masing hafal dan sungguh-sungguh menyanyikan lagu kebangsaan, menunjukkan bahwa mereka masih memiliki rasa nasionalisme yang kuat.

Kyai Alimuddin dalam ceramahnya mengajak kepada peserta seminar untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Alimudin juga mengingatkan, khususnya kepada umat Islam, saat ini banyak pemahaman yang keliru di kalangan umat Islam dalam memaknai ke-Islamannya, “Kita adalah orang Indonesia yang beragama Islam, bukan orang Islam yang berada di Indonesia” ujarnya. Hal ini menurutnya penting, agar umat Islam tetap cinta dengan NKRI, dan tidak terjerumus kedalam paham/gerakan-gerakan Islam radikal yang justru merusak keutuhan NKRI.

Kegiatan rutin yang telah memasuki episode ke-20 tersebut mengambil tema : “Menjadi Bangsa Indonesia yang Beragama”. Seminar diselenggarakan setiap bulan, dengan menghadirkan pembicara dan peserta dari berbagai ormas Islam yang ada di Kabupaten Banyumas, diantaranya NU, Muhammadiyah, Al-Irsyad, LDII dan PITI. Setiap tiga bulan sekali seminar diperluas menjadi kegiatan lintas agama bekerjasama dengan Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas.

Salah satu panitia penyelenggara yang juga Sekretaris Yayasan Jama’atul Muslimin Kabupaten Banyumas, Drs Imam Faozi menjelaskan, seminar/halaqoh kali ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali semangat cinta tanah air dan semangat nasionalisme kepada masyarakat di Kabupaten Banyumas, mengingat akhir-akhir ini banyak muncul masalah-masalah kenegaraan dan keagamaan, padahal kita tahu masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragama. Tujuan seminar untuk mengurai titik permasalahan dan mencari solusi, dari sudut pandang berbagai agama.

Selain KH Alimuddin, materi seminar disampaikan secara berurutan oleh Pendeta Abed Nego Wasdi dari Badan Kerjasama Antar Gereja (BKSAG), Romo Budi Prayitno dari Gereja Katedral Keuskupan Purwokerto, dan ditutup dengan ceramah dari Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Banyumas, H Sutanto MBA yang juga Ketua Ponpes Baitul Machmud Pekaja Kalibagor Banyumas dan aktivis FKUB Banyumas.(sbr)
Jika Anda menyukai Artikel atau Berita di website LDII Banyumas, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel atau berita terbaru yang terbit di Website DPD LDII Banyumas

Post a Comment

 
Copyright IT Staff © 2013 | Jalan Mentri Soepeno No 7 Sokaraja Banyumas 53181 | Telp : (0281) 694191 | Design by DPD LDII KABUPATEN BANYUMAS
Design by ITStaff | RazTech